Ketika mengembangkan strategi manajemen informasi dalam sebuah organisasi, hal ini berguna untuk mempertimbangkan kebutuhan informasi pada tiga tingkat:
  1. perusahaan (Corporate).
  2. tim, divisi, unit bisnis, dll.
  3. individu.
Kebutuhan dari masing-masing tiga tingkatan harus dipenuhi jika solusi yang terkoordinasi dan efektif ingin dipertahankan dalam jangka panjang.

Corporate

Di bagian atas adalah informasi perusahaan yang berguna untuk seluruh organisasi. Informasi global ini secara umum cukup baik ditangani oleh intranet perusahaan (bahkan jika intranet itu sendiri perlu ditingkatkan).

Contoh informasi perusahaan termasuk kebijakan dan prosedur, informasi SDM, formulir online, direktori telepon, dll.

Menariknya, mungkin ada jumlah informasi benar-benar global, dan mungkin tidak memberikan manfaat bisnis.

Team, division, business unit

Tingkat tengah adalah mungkin yang paling menarik, karena mencakup semua informasi bersama dalam tim, divisi, unit bisnis, dll Informasi ini mungkin penting untuk kegiatan sehari-hari kelompok, tetapi kepentingan sedikit sisanya organisasi. Contohnya termasuk dokumentasi proyek, unit bisnis konten yang spesifik, notulen, dll

Tingkat ini umumnya mendapat pelayanan yg kurang baik dalam organisasi, meskipun berbagai perangkat semakin sering digunakan untuk mengatasi kebutuhan informasi tim. Hal ini juga diakui bahwa pada tingkat ini adalah informasi yang mungkin menjadi yang paling berharga, dalam hal mendorong kegiatan sehari-hari organisasi.

Three levels of information

Individual

Pada tingkat terendah adalah kebutuhan informasi pribadi staf di seluruh organisasi. Contohnya termasuk korespondensi (baik internal dan eksternal), laporan dan spreadsheet.

Di kebanyakan organisasi, staf harus mengandalkan e-mail untuk memenuhi kebutuhan informasi manajemen. Sementara staf umum mengakui kekurangan informasi dari e-mail, mereka memiliki beberapa pendekatan atau teknologi lain yang mereka miliki.

Perhatikan bahwa beberapa organisasi (seperti perusahaan konsultasi) sangat bergantung pada manajemen informasi pribadi di antara staf mereka.

Corporate Information Management (CIM)


Corporate informasi manajemen atau (CIM) adalah suatu proses.
Enam dimensi Manajemen Informasi Perusahaan:
  1. Strategi pembuatan penalaran.
  2. Perencanaan pasokan untuk informasi masa yang akan datang
  3. Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia
  4. Menghilangkan informasi yang berlebihan
  5. Memastikan kepatuhan terhadap informasi perundang-undangan yang terkait
  6. Meningkatkan pengembalian atas investasi di teknologi informasi
CIM dmensions


1) Strategi pembuatan penalaran.

Korporasi menghadapi massa informasi yang dihasilkan luar informasi. Sebuah potensi besar untuk mengidentifikasi tren perubahan, yang penting bagi organisasi, tersembunyi dalam berbagai sumber informasi eksternal. manajemen informasi perusahaan bertugas untuk mengidentifikasi relevan dan kredibel sumber informasi eksternal dan membangun sistem rasa dan respon yang memungkinkan tren bisnis melacak dan memberikan informasi yang diinterpretasikan untuk respon tindakan yang tepat.

2) Perencanaan untuk kebutuhan masa depan

Perubahan telah menjadi bagian dari bisnis normal. Sebagian besar perusahaan korporasi memiliki berbagai proyek mendorong inisiatif bisnis baru. Ketika sebuah proyek mengubah cara bisnis melakukannya hampir selalu menyiratkan bahwa akan ada kebutuhan informasi baru. Sebuah proses bisnis baru yang perlu dipantau dan informasi yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan. inisiatif baru selalu membawa dengan mereka elemen risiko. Kunci keberhasilan pelaksanaan inisiatif strategis adalah untuk merencanakan terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan informasi baru.

3) Meningkatkan nilai utilitas informasi yang tersedia

Bisnis adalah didukung oleh siklus hidup informasi. Informasi persyaratan yang mendefinisikan, informasi ditangkap, informasi didistribusikan ke titik kebutuhan dan akhirnya informasi tersebut didistribusikan ke titik pengambilan keputusan. Nilai utilitas informasi didasarkan pada apakah informasi yang meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses operasional. Utility sering merupakan fungsi dari relevansi, akurasi, kelengkapan dan ketepatan waktu dengan mana informasi ini tersedia di titik kebutuhan. Nilai utilitas informasi Namun lebih dari relevansi, dll akurasi karena juga tergantung pada seberapa baik orang dilengkapi untuk menggunakan informasi.manajemen informasi perusahaan harus memastikan bahwa proses berada di tempat untuk memastikan bahwa kualitas tinggi lahan informasi di tangan orang-orang berkualitas tinggi. Dalam ini bertujuan perbedaan antara Teknologi Informasi dan sumber daya manusia mengaburkan. Pada dasarnya manajemen informasi perusahaan menjamin proses bisnis dialog perbaikan berkesinambungan antara bisnis dan Teknologi Informasi untuk memastikan informasi yang tepat tersedia untuk mengamankan ia kelancaran proses bisnis.

4) Menghilangkan informasi yang berlebihan

Kutukan dari era informasi adalah kelebihan informasi. Di hampir setiap organisasi masih ada perangkat lunak modul berjalan dan membuat laporan yang tidak ada orang yang tertarik dalam manajemen informasi perusahaan harus mengidentifikasi informasi apa yang benar-benar dibutuhkan dalam bisnis ini dan informasi apa yang seharusnya tidak lagi diberikan. Dengan sengaja mengelola dari sumber-sumber informasi yang telah menjadi berlebihan biaya teknologi informasi dapat dikurangi tajam.

5 kepatuhan) Memastikan untuk undang-undang

Legislasi adalah penangkapan dengan kekhasan era informasi. Legislasi menuntut bahwa suatu perusahaan melindungi informasi klien terhadap penyalahgunaan. undang-undang lainnya adalah di tempat untuk mengamankan hak pemegang saham untuk memiliki akses ke informasi yang berkualitas untuk membuat keputusan investasi.manajemen informasi perusahaan harus terus-menerus menginterpretasikan persyaratan hukum dan memastikan bahwa semua langkah berada di tempat untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang.

6) Meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi

Pengembalian investasi menunjukkan peningkatan jumlah pendapatan yang dihasilkan, penurunan biaya teknologi informasi dan pengurangan risiko bisnis. manajemen informasi perusahaan memastikan bahwa setiap potensi sumber daya teknologi informasi adalah sepenuhnya dieksploitasi oleh bisnis. Sebuah value driver utama bagi manajemen informasi perusahaan adalah untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh informasi di perusahaan dengan memastikan bahwa informasi yang cukup terlindung dari penyalahgunaan dan pelecehan.

0 komentar:

Posting Komentar