Melanjutkan bahasan game sebelumnya, saya menambahkan mengenai tahap untuk membuat game, apa saja profesi yang dikenal berkenaan dengan membuat game, dan aplikasi yang bisa membuat game.



TEKNOLOGI GAME

Software untuk mengembangkan game disebut juga "Game Engine". Ada yang untuk konsol, game di ponsel, dan komputer. Saat membuat game, hal-hal yang kita tangani di game engine tersebut adalah rendering engine (“renderer”) for 2D or 3D graphics, a physics engine atau collision detection (and collision response), sound, scripting, animation, artificial intelligence, networking, streaming, memory management, threading, localization support, dan scene graph.
Membicarakan hardwarenya, sediki banyak yang saya tangkap dari apa yang saya baca adalah, biasanya, 3D engines atau the rendering systems dalam game engines dibuat atas graphics API seperti Direct3D atau OpenGL yang menyediakan software abstraction GPU atau video card. Low-level libraries semacam DirectX, SDL, dan OpenAL juga awam digunakan dalam games sebagaimana mereka menyediakan akses hardware-independent ke hardware komputer lain seperti input devices (mouse, keyboard, and joystick), network cards, dan sound cards. Ada juga PAL dan COLLADA (interchange format untuk 3D).
Bagaimana membuat game java yang bisa diaplikasikan di Handphone(HP)? jawabannya adalah dengan menggunakan Java Netbeans 6.0 dan versi diatasnya sudah include mobility pack 6.0, sementara versi di bawahnya harus installkan netbeans mobility pack nya secara manual. dalam java mobility pack sudah disediakan mobile game builder tools yang membuat bagian-bagian game.
Konsep dasar game mungkin tidak terlalu banyak mengalami perubahan, misalnya pada game dengan jenis Role Playing Game yang berciri action dan umumnya menitikberatkan pada pertempuran. Walaupun konsep dasarnya sama, para game mania tidak pernah dibuat bosan karena selalu ada pengembangan yang menyertai game rilis terbaru, misalnya lokasi pertempuran, tokoh dan karakter, senjata yang digunakan, strategi dan tantangan yang beragam, serta masih banyak lagi. Karena itu sisi interface menjadi sangat penting bagi sebuah game, dan teknologi yang berjasa untuk mewujudkan game online adalah teknologi seperti Flash dan Java, yang dapat menampilkan video dan audio interaktif pada Internet. Para developer game ataupun gamer juga tidak akan asing dengan nama DirectX, sebuah kumpulan API (Application Programming Interface) pada platform Windows yang menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, khususnya pemrograman game dan video. Anda dapat menggunakan SDK (Software Development Kit) dari DirectX untuk menciptakan game dengan memanfaatkan fungsi-fungsi DirectX yang disediakan. Pada dasarnya, game itu sendiri merupakan sebuah aplikasi komputer, yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, di balik sebuah game yang menghadirkan kesenangan dan kenyamanan bermain, terdapat ribuan bahkan jutaan kode program yang membentuknya. Game dapat ditulis dengan bahasa pemrograman yang umum dan telah dikenal seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya. Salah satu interface berupa peta/map ditawarkan oleh Defense of the Ancient atau sering dikenal dengan DoTA yang populer setelah disertakan pada game Warcraft. Kode DotA terbuka bagi developer yang ingin mengembangkannya sehingga tercipta berbagai varian. Beberapa development tools juga dikembangkan untuk memudahkan pembuatan game, misalnya RPG Maker dari Jepang yang memungkinkan kita menciptakan game dengan genre Role Playing Game. RPG Maker kemudian dikembangkan menjadi RPG Maker 2000 atau biasa disingkat RM2k, kemudian menjadi RPG Maker 2003 (RM2k3), RPG Maker XP (RMXP), hingga saat ini RPG Maker VX, yang tentu saja semakin menawarkan fitur yang memudahkan pembuatan game yang semakin baik. Bagaimana dengan genre game selain RPG? Tentunya juga tersedia development tools untuk itu, seperti Fighter Maker yang dari namanya sudah dapat ditebak merupakan tools untuk menciptakan game fighting.

TAHAP-TAHAP MEMBUAT GAME

Bila anda ingin terjun membuat sebuah game, anda harus mempertimbangkan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tentukan Genre Game
Tentukan genre game apa yang ingin anda ciptakan. Untuk itu anda harus paham jenis game yang ada terlebih dahulu. Seperti misalnya, ada game berjenis RPG(Role Playing Game), FPS(First Person Shooter), Arcade, War, Fighting, Racing, atau RTS(Real Time Strategy). Mulailah dari yang sederhana terlebih dahulu, nanti anda dapat mengembangkannya Tetapi, sebaiknya, anda membuat sebuah game dimana anda juga memiliki ketertarikan atau memang menyukai jenis game tersebut, karena dengan demikian, anda bisa lebih betah dan semangat untuk membuatnya.

2. Tentukan Tools yang ingin digunakan
Dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut. Banyak aplikasi (software) pembuatan game (saya sebutkan di bawah), anda bisa memilih untuk mencoba menulis dengan sebuah bahasa pemrograman atau aplikasi untuk membuat game tersebut. Bila anda memilih untuk membuat dengan bahasa pemrograman tertentu, artinya seluruh coding dari game harus anda tulis sendiri. Bila anda menggunakan aplikasi untuk membuat game, ada beberapa aplikasi yang mengharuskan anda menulis beberapa coding game tersebut, ada juga yang tidak dan hanya menggunakan drag gambar dan timeline.

3. Tentukan gameplay game
Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda.

4. Tentukan grafis yang ingin digunakan
Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan.

5. Tentukan suara yang ingin digunakan
Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game.

6. Lakukan perencanaan waktu
Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan.

7. Proses pembuatan
Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

8. Lakukan publishing
Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game.



==================================================================================================

20 aplikasi untuk Membuat Game Gratis Sendiri.

Berikut berbagai aplikasi membuat game yang bisa digunakan siapapun yang ingin membuat game sendiri.

Membuat Game Berbasis Flash

1. AlbinoBlackSheep
http://www.albinoblacksheep.com
Disini banyak sekali game dan video termasuk tutorial tentang bagaimana membuat game berbasis flash.

2. FlashKit
http://www.flashkit.com
Disini anda bisa menemukan banyak tutorial bekerja dengan flash termasuk panduan langkah demi langkah untuk beberapa tipe game.

3. Kirupa
http://kirupa.com
Banyak sekali tutorial ekstensif untuk membuat game flash termasuk panduan untuk game-game spesifik seperti game shooter.

4. Lassie Adventure Studio
http://lassie.gmacwill.com/lower.php?section=news&page=index
Dengan aplikasi ini, anda dapat membuat gambar 2D untuk game petualangan dengan mudah dan membuat gamenya.

5. Sploder
http://www.sploder.com
Disini anda bisa membuat game flash dari berbagai macam jenis obyek dan kemudian meletakkannya pada MySpace, Blogger dan situs-situs lainnya.

Membuat Game Standard dan Panduannya

6. Anim8or
http://www.anim8or.com
Aplikasi modeling animasi 3D untuk game yang mudah digunakan.

7. Byond
http://www.byond.com
Disini anda bisa membuat game anda sendiri dengan bantuan peralatan alikasi yang sudah disediakan dan kemudian anda sharing dengan orang lain untuk mengetahui pendapat mereka.

8. Game Discovery
http://www.gamediscovery.com
Disini semua yang anda inginkan untuk membuat game ada, character making, gameplay making dan juga anda bisa menemukan ide-ide membuat game disini.

9. Martin Piecyk’s Website
http://www.pages.drexel.edu/%7Emfp27/gamemaking/
Panduan belajar bagaimana untuk membuat game dengan disertai link ke berbagai sumber.

10. VGMusic
http://vgmusic.com
Jika anda ingin menambahkan efek sound atau soundtrack game yang anda buat, anda bisa temukan disini, banyak sekali file-file midi yang bisa anda gunakan untuk keperluan game yang anda buat.

11. Visionaire2d
http://www.visionaire2d.net
Aplikasi ini dapat membantu anda membuat game petualangan 2D tanpa perlu pengetahuan programming.

12. YoYoGames
http://www.yoyogames.com
Disini anda akan temukan banyak perlengkapan untuk membuat game seperti beta testing, download, work in progress, community dan banyak lagi lainnya.

Membuat Game RPG

13. Charas-Project
http://charas-project.net
Generator karakter yang mudah digunakan untuk karakter RPG yang anda ingin buat.

14. CrankEye
http://www.crankeye.com
Ada banyak sekali panduan untuk membuat RPG seperti editor karakter, soundfile dan lain sebagainya.

15. DualSolace
http://dualsolace.com
Disini anda dapat menemukan software membuat game MMORPG 2D RealFeel.

16. FreeMMORPGMaker
http://www.freemmorpgmaker.com
Software gratis untuk membuat MMORPG termasuk membuat bagian-bagian game seperti karakter, efek dan suara.

17. PhanxGames
http://www.phanxgames.com/index.asp
Anda bisa membuat RPG dan juga disertai membuat grafis, sound file midi, wav, kemudian jika anda selesai membuatnya, anda bisa menguploadnya di situs tersebut hingga ukuran 50 MB.

18. PlayerWorlds
http://www.playerworlds.com
Aplikasi populer yang banyak digunakan untuk membuat game seri RPG.

19. RPG Maker
http://www.rpg-maker-downloads.tnrstudios.com/
Program RPG Maker di situs ini ada beberapa seri yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda.

20. RPGCrisis
http://rpgcrisis.net
Disini anda dapat menemui berbagai download dan aplikasi untuk membuat RPG pada berbagai sistem apakah PC atau yang lainnya.

21. RPG Revolution
http://www.rpgrevolution.com
Perlengkapan dan aplikasi untuk membuat game RPG pada lebih dari 13 sistem game making berbeda.


PROFESI

Menurut saya, membuat game itu sendiri bisa dijadikan profesi. Profesi yang berhubungan dengan game menjadi beragam lebih disebabkan oleh pembagian tugas dalam membangun game itu sendiri. Saya akan menjadikan game The Sims 3 sebagai contoh. Untuk membuat sebuah game yang bernuansa kehidupan ini, dibutuhkan sangat banyak pekerja. "Tim" besar yang mana masing-masing memiliki tugas berbeda. Yaitu, art team (dimana terdapat art director), technic art director, animator, character modellers, object modellers, concept artist, character concept artist, specification writer, outsource modeller, user interfaced, iconographers, webdesigner, engineering team, dan masih banyak lagi.

Sekian entri blog ini, mudah-mudahan bermanfaat.

opensource video game engines : Aleph One · Allegro library · Arianne · Axiom Engine · Build engine · Crystal Space · Cube · Cube 2: Sauerbraten · DarkPlaces · Delta3D · Digital Novel Markup Language · Dim3 · Doom source port · Exult · FTE QuakeWorld · Game Blender · Genesis Device · Genesis3D · G-java · GLScene · Id Tech 1 · Id Tech 2 · Id Tech 3 · Ioquake3 · Irrlicht engine extensions · JMonkey Engine · Jogre · KiriKiri · Luxinia · LÖVE · Nebula Device · OGRE · Ogre4j · ORX · Panda3D · PLIB · Project Wonderland · Python-Ogre · Quake engine · RealmForge · Ren'Py · Retribution Engine · Spring project · StepMania · Stratagus · Thousand Parsec · Troll2D · Ultimate 3D · VASSAL Engine · Visualization Library · Xilon Engine II

Sumber:
http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html
http://wikipedia.com
http://thommykennedy.wordpress.com/2009/07/29/mari-membuat-game/

0 komentar:

Posting Komentar